• logo4

Profile Perusahaan

PT Balai Lelang Indonesia (BALINDO) adalah Balai Lelang Swasta profesional yang terkemuka di Indonesia. Menyediakan jasa pelelangan profesional, mulai dari jasa pra lelang hingga purna lelang dari berbagai macam aset yang meliputi:
Tanah dan bangunan (property)
    1  Lukisan dan benda seni
    2  Peralatan berat (heavy equipment)
    3  Peralatan kantor (office equipment)
    4  Kendaraan bermotor
    5  Bangunan pabrik dan mesin (plant and Machinery)
    6  Barang-barang eks produksi (production goods)
    7  Perhiasan berharga.
    8  Lain- lain.

Dalam upaya pencapaian keberhasilan atas penyediaan jasa tersebut di atas, kami memiliki tim profesional yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman serta keahlian yang saling mendukung.

Melalui hasil observasi dan analisa yang dilakukan oleh staf ahli kami, selanjutnya kami akan menentukan penanganan yang paling sesuai untuk aset-aset tersebut, dengan jasa utama persiapan pelaksanaan lelang (termasuk di dalamnya proses pra lelang yang meliputi berbagai aspek krusial) seperti terdapat pada acuan kerja di bawah ini:
    1  Inventarisasi awal aset
    2  Administrasi data-data
    3  Pemasaran (marketing)
    4  Kegiatan pameran (open house)
    5  Pelaksanaan lelang

Berbekal pengalaman dalam kegiatan pelelangan yang telah dilaksanakan oleh PT Balai Lelang Indonesia dengan dukungan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten dalam bidangnya serta komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, kami mengajukan proposal kerja sama untuk penjualan aset-aset perusahaan atau pribadi berupa properti maupun non properti melalui sistem lelang.

Besar harapan kami atas terlaksananya kerjasama kemitraan ini, mengingat kerjasama ini merupakan perwujudan kepercayaan Anda kepada kami dalam memberikan jasa dan layanan penjualan aset melalui sistem lelang.

Sejak  pemerintah  mengeluarkan  deregulasi  di  bidang  lelang pada  tahun 1996, yaitu sistem penjualan lelang dapat dilakukan oleh Balai Lelang Swasta, dimana sebelumnya penjualan lelang hanya dapat dilakukan oleh Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara (sebelumnya disebut Kantor Lelang Negara). G.Gunawan (founder) seorang pengusaha yang brilian melihat ini sebagai suatu bidang usaha yang menguntungkan bila dikelola secara profesional. Sebagaimana kita ketahui dunia lelang di Indonesia selama ini berkonotasi negatif, di masyarakat telah melekat suatu anggapan  bahwa barang-barang yang dilelang adalah barang yang kualitasnya tidak baik.

Untuk mengubah anggapan ini diperlukan suatu strategi yang jitu baik dalam pengembangan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjadikan Balai lelang profesional maupun menyebarluaskan informasi kepada masyarakat bahwa penjualan barang dengan cara lelang merupakan satu alternatif terbaik dalam mendapatkan harga yang optimal. Bertitik tolak dari sini didirikanlah  balai lelang dengan nama  BALINDO. Bagai gayung bersambut sebagaimana kita ketahui pada pertengahan tahun 1997 Indonesia mengalami krisis moneter yang mengakibatkan banyaknya bank mengalami kredit bermasalah terpaksa harus diambil alih oleh BPPN dan menjual asetnya dengan cara lelang. Kes- empatan ini dimanfatkan oleh PT. Balai Lelang Indonesia (BALINDO) dengan baik dengan mempersiapkan secara profesional prasarana dan sarana yang diperlukan dalam mendukung penjualan aset yang dikuasai oleh BPPN melalui lelang. Keberhasilan BALINDO membantu BPPN menjual aset-asetnya menjadikan PT. Balai Lelang Indonesia sebagai rekanan utama BPPN


Sebagai Pionir Balai Lelang Swasta, Balindo terus-menerus mengem- bangkan sumber daya yang dimiliki termasuk memanfatkan teknologi in- formasi dalam mengantisipasi kebutuhan dunia usaha seperti lembaga keuangan, perusahaan baik, asing maupun lokal, yayasan dan pribadi yang menghadapi problema menjual aset-aset yang tidak produktif. Sep- erti halnya di negara-negara maju, penjualan melalui lelang sudah sejak lama dikenal dan sangat populer karena berbagai kelebihan serta ke- untungan yang diberikan, baik bagi penjual maupun pembeli. Dari data statistik menunjukkan 80% penjualan property di banyak negara di dun- ia dilakukan dengan sistem lelang. Tekad BALINDO adalah memberikan pelayanan yang terbaik dalam pelayanan total dengan hasil terbaik. Di samping harga penjualan dapat mencapai nilai optimal dan kompetitf, sifat penjualan yang transparan, efektif dan efisien, di sisi lain pembeli memperoleh kepastian hukum, karena setiap transaksi melalui lelang diperkuat dengan risalah lelang yang dikeluarkan oleh Pejabat lelang Negara yang menjadi dasar pendaftaran atas pengalihan hak.

Kesuksesan  yang dicapai tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui suatu perjuangan yang melelahkan dengan satu tekad memberi- kan yang terbaik bagi pelanggan.

Seperti dalam pertandingan suatu olah raga dikenal istilah, lebih sulit mempertahankan daripada merebut kemenangan. Karena itu seluruh jajaran organisasi senantiasa meningkatkan ketrampilan dan kemam- puan dan pro aktif dalam mengantisipasi suatu perubahan yang tiada henti, supaya kami tetap dapat memberikan yang terbaik bagi anda.

 

Visi dan Misi Perusahaan

Visi Perusahaan

Menjadikan balai lelang utama di Indonesia, baik dalam nilai transaksi, keanekaragaman jenis aset, perolehan laba maupun cakupan jangkauan operasi dengan penerapan teknologi informasi yang mutakhir serta melakukan program pembinaan dan sosialisasi lelang kepada masyarakat secara terus menerus.

Misi Perusahaan

Menjadikan lelang sebagai alternatif terbaik dalam menjual aset, agar masyarakat bisnis dan individu memahami bahwa lelang memiliki keunggulan dibandingkan dengan cara penjualan lainnya.

 

Strategi Perusahaan

Untuk mencapai Visi dan Misi tersebut, perusahaan menetapkan strategi yang disebut  “Total Solution Services” dengan penekanan pada :

  • Kemampuan melelang beraneka ragam jenis aset dalam jumlah dan nilai berapapun diseluruh  Indonesia secara Transparan

  • Kemampuan menjual dalam waktu yang singkat dengan cara seefisien mungkin.

  • Pemberian kepastian hukum dan menjaga kerahasiaan pembeli dan penjual.

  • Penanganan lelang secara lengkap dan didukung oleh sistem teknologi informasi yang mutakhir.

 

Budaya Perusahaan

  • Menangani bisnis secara profesional

  • Memahami dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

  • Menciptakan suasana keharmonisan sesama karyawan.

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam segala bidang secara terus menerus.

 

Kinerja Perusahaan

Penghargaan
BALINDO pernah mendapatkan penghargaan dari MURI (Musium Rekor Indonesia) sebagai penyelenggara lelang terbesar dalam bidang furniture dan office equipment pada tahun 1999.

Balindo Data Base
Saat ini BALINDO memiliki active database dengan jumlah sekitar 10.000 nama dan di antaranya sekitar 1500 orang adalah calon pembeli aktif yang menunggu jadwal lelang BALINDO.

 

Akte Pendirian dan Perijinan

  • Akte  Notaris  Ny. Toety Juniarto, S.H.  No.  28 Tanggal 18  Februari 1998 dan telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia  No. C-2-3666. HT. 01. 01 Tahun 1998 Tanggal 16 April 1998.

  • Ijin Prinsip  No.  S-377/PN/1998 Tanggal 26 Maret 1998.

  • ljin Operasional No. KEP-07/PN/1998 Tanggal 5 Mei 1998.

 

Tim Manajemen

Penilaian (Appraisal) :

Terdiri dari tenaga ahli yang terdaftar pada Masyarakat Asosiasi Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) dengan berbagai disiplin ilmu dan pernah bekerja pada perusahaan penilai.

Hukum (Legal) :

Terdiri dari Sarjana Hukum yang berpengalaman di bidangnya.

Perbankan dan Keuangan :

Memiliki pengalaman dan kompetensi di bidang perbankan dan keuangan, sehingga memudahkan menjalin kerja sama dalam pembiayaan aset yang dilelang. Misal : KPR, KPKb.

Manajemen Properti / Otomotif :

Pengelolaan kendaraanbermotor secara profesional  sesuai dengan bidangnya.

Penjualan (Sales) dan Pemasaran (Marketing) :

Tenaga profesional berasal dari berbagai agen properti, perusahaan otomotif dan show room.

Manajemen Teknologi Informasi :

Didukung database, networking sistem & internet auction.

Administrasi :

Dengan background pendidikan & pengalaman, pengetahuan lelang.

Dengan pengalaman pelaksanaan lelang selama delapan tahun, meliputi lelang dari berbagai jenis aset dan jumlah yang sangat bervariasi, mulai dari puluhan unit di bidang property, lukisan, kendaraan bergerak sampai dengan puluhan ribu di bidang office equipment dan furniture, dapat terselenggara dengan baik dengan dukungan personel khusus yang berkeahlian di bidangnya. BALINDO didukung oleh berbagai staf handal dengan rata-rata pendidikan Sarjana disertai  pengalaman yang cukup dan penguasaan atas bidangnya.

Fasilitas Pendukung :

Faktor pendukung keberhasilan Balindo dalam melakukan kegiatan pelelangan adalah

1. Tersedianya tenaga ahli dalam menangani tugas yang berkaitan dengan pelelangan

2. Tenaga penjualan dan pemasaran yang mempunyai relasi dan jaringan luas

3. Tersedianya aplikasi sistem lelang terpadu dan sistem lelang secara on line

4. Memiliki database

5. Memiliki tempat penyimpanan aset

6. Memiliki sarana pelelangan

Jaringan Kantor :

Dengan Kantor Pusat di Graha BALINDO - Jakarta dan memiliki beberapa Kantor Cabang di Surabaya, Semarang, Medan dan Bandung dan perwakilan di berbagai daerah.

Website www.balindo.com

Untuk mendukung penjualan “borderless” BALINDO memanfaatkan fasilitas internet sehingga memungkinkan calon pembeli tidak terikat pada suatu tempat dan waktu dalam melakukan pembelian/transaksi